Sabtu, 11 April 2009

Yuk Kenalan dengan Narkoba

Yuk kenalan sama Narkoba

Eits…jangan salah sangka dulu dengan judul di atas. “Kenalan” yang penulis maksud adalah mengetahui, mempelajari, mengenali bukan mencoba dan akhirnya menjadi ketergantungan dengan drugs. Kalau ngomongin soal narkoba, mungkin semua orang sudah sering dengar ya. Dan mungkin sudah pada fasih melafalkan semua jenis narkoba. Tapi, artikel ini beda. Di tulis bukan untuk bikin borring, tapi untuk dibikin asyik.
Selama ini kita belajar narkoba hanya dari ceramah guru-guru atau dari buku-buku yang penulisannya kaku banget. Ya kan??? Mungkin ini juga yang bikin kita borring kalau mempelajari tentang narkoba dan dampak negatifnya. Nggak usah terlalu kaku membaca artikel ini, penulis mau agar pembaca bisa dengan santai “melahap” semua berita dan info yang penulis sajikan. Boleh kok baca artikel ini sambil minum teh atau makan cemilan. Yang penting, pembaca bisa memahami semua yang penulis ingin sampaikan dan akhirnya pembaca bisa menjauhi Drugs.
Artikel ini nggak muluk-muluk kok. Penulis hanya ingin berbagi, kalau para remaja sekarang bilang “curhat”. Mau kan curhat bareng penulis?? Nah mari kita kenalan dulu sama istilah narkoba, kemudian baru kita kenalan sama jenis-jenis narkoba itu apa aja. Mulai ya…1..2…3

1. Narkoba
Apa sih narkoba itu?
Narkoba atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah NAPZA ( narkotika, psikotropika dan Zat adiktif) bukan lah sebuah hal baru di Indonesia. Sebelum PD ke II, yakni pada masa kolonial Belanda, narkoba sudah mulai beredar. Bahkan pada tahun 1970-an, narkoba sudah menjadi masalah nasional (Depdikbud, 1999: 2)
Pada dahulunya sih narkoba jenis alami seperti opium, kokain dan ganja di gunakan sebagai obat dalam penyembuhan oleh dunia kedokteran. Namun, lambat laun cara pengobatan yang begini tidak diperbolehkan lagi. Tahu kenapa? Karena tumbuhan sejenis ini bisa mengakibatkan kecanduan tingkat tinggi (woow..serem kan?)


Kamu tahu nggak ada 3 jenis penggolongan dari narkoba.
a. Narkotika
Yakni; zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri.
b. Psikotropika
Yakni: zat atau obat baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat dan menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
c. Zat psiko-aktif lain
Yakni: zat atau bahan lain bukan narkotika dan psikotropika yang berpengaruh pada kerja otak.

2. Jenis Narkoba
a. Opioida
Segolongan zat dengan daya kerja serupa. Ada yang alami, sintetik dan semi. Pengaruh jangka pendek: hilangnya rasa nyeri, ketegangan berkurang, rasa nyamandiikuti perasaan seperti mimpi dan rasa ngantuk.
Pengaruh jangka panjang: ketergantungan dan meninggal karena overdosis. Dapat menimbulkan komplikasi seperti sembelit, gangguan menstruasi, dan impotensi.
b. Ganja
Mengandung THC yang bersifat psikoaktif.
Pengaruh jangka pendek: akan timbul rasa cemas, gembira, banyak bicara, tertawa cekikikan, halusinasi, dan berubahnya perasaan waktu dan ruang, peningkatan denyut jantung, mata merah. Mulut dan tenggorokan kering, selera makan meningkat.
Pengaruh jangka panjang: daya pikir berkurang, motivasi belajar turun, perhatian kesekitarnya berkurang, daya tahan tubuh terhadap infeksi menurun, mengurangi kesuburan, peradangan paru-paru, aliran darah kejantung berkurang, dan perubahan pada sel-sel otak.





c. Kokain
Digunakan dengan cara disedot melalui hidung, dirokok, dan disuntikkan.
Pengaruh jangka pendek: rasa percaya diri meningkat, halusinasi visual dan katil, banyak bicara, rasa lelah hilang, kebutuhan tidur berkurang, minat seksual meningkat dan paranoid.
Pengaruh jangka panjang: kurang gizi, anemia, sekat hidung rusak, dan gangguan psikotik.
d. Alkohol
Pengaruh jangka pendek: mabuk, jalan sempoyongan, bicara cadel, kekerasan, ketidak mampuan belajar dan mengingat
Pemakaian jangaka panjang: kerusakan hati, kelenjer getah lambung, saraf tepi, otak, jantung, bayi lahir cacat pada ibu hamil pecandu alkohol.
e. Golongan amfetamin
Pengaruh jangka pendek: tidak tidur, rasa riang, fly, rahang kaku, badan gemetar, jantung berdebar dan tekanan darah meningkat.

Nah, kamu sudah kenalan tuh sama Drugs. So, jangan pernah dicoba. Karena sekali mencoba pasti akan ketagihan. Dijamin 100%. Say no to Drugs…key

Tidak ada komentar:

Posting Komentar